Mendorong Pembelajaran Inklusif: SMART Technologies dan University of Melbourne Bermitra dalam Penelitian Kelas Neurodivergen

Melbourne, January 2025 – SMART Technologies dengan bangga merilis hasil penelitian terobosan bersama University of Melbourne dalam sebuah inisiatif yang memberdayakan para pendidik untuk lebih mendukung siswa neurodivergen. Studi yang pertama di jenisnya ini mengungkap strategi-strategi yang dapat langsung diterapkan serta solusi berbasis teknologi yang dirancang untuk para pelajar di seluruh dunia.

Dengan lebih dari 20% populasi global yang diidentifikasi sebagai neurodivergen, ruang kelas tradisional sering kali kesulitan memenuhi kebutuhan belajar yang beragam. Banyak siswa menghabiskan energi besar untuk menyembunyikan perbedaan mereka alih-alih fokus belajar. Menyadari kesenjangan ini, SMART dan University of Melbourne menempatkan suara-suara neurodivergen sebagai pusat dari penelitian mereka, mengembangkan alat dan strategi berbasis bukti agar setiap pelajar merasa diperhatikan, didukung, dan diapresiasi.

Mendengarkan Suara Neurodivergen

Peneliti utama Dr. Matt Harrison, pendiri Neurodivergence Advocacy Group, menyoroti fokus transformatif dari studi ini: "Ruang belajar di mana setiap orang merasa aman, bahagia, dan menjadi bagian dari komunitas." Menariknya, hanya 1% dari studi sebelumnya yang melibatkan masukan langsung dari siswa neurodivergen. Kolaborasi ini membalikkan paradigma tersebut, dengan melibatkan siswa secara langsung untuk menggali wawasan praktis yang memungkinkan pendidik menerapkan praktik inklusif.

“Temuan kami memberikan strategi yang jelas dan berbasis penelitian bagi para pendidik untuk merancang ruang kelas yang inklusif,” ujar Dr. Harrison. “Dengan secara aktif melibatkan siswa neurodivergen, kami menghadirkan panduan yang memprioritaskan pengalaman autentik mereka.”

Hasilnya: 36 Strategi untuk Pendidikan Inklusif

Penelitian ini menghasilkan 36 rekomendasi berbasis bukti untuk para pendidik dan pengambil keputusan, termasuk:

Transformasi keterlibatan: Memanfaatkan teknologi pendidikan (EdTech) untuk menguatkan identitas siswa dan preferensi belajar mereka.

Pemberdayaan suara siswa: Melibatkan siswa secara aktif dalam memilih dan menggunakan alat bantu belajar di kelas.

Pendekatan berpusat pada anak: Mengutamakan kekuatan dan kebutuhan setiap pelajar dibandingkan praktik tradisional yang berbasis perilaku.

“Temuan ini memperkuat komitmen SMART terhadap pendidikan yang inklusif,” kata Jeff Lowe, Wakil Presiden Eksekutif SMART Technologies. “Dengan mengintegrasikan perspektif neurodivergen ke dalam inovasi kami, kami memastikan ruang kelas di seluruh dunia siap menginspirasi dan mendukung setiap pelajar.”

Kolaborasi Terobosan untuk Masa Depan Pendidikan yang Inklusif

Kolaborasi inovatif ini menjadi langkah penting dalam membayangkan kembali pendidikan inklusif. SMART Technologies berkomitmen untuk menciptakan lingkungan belajar di mana setiap siswa dapat berkembang. Dengan mengangkat suara neurodivergen dan menghadirkan alat yang mendorong inklusi sejati, kami membentuk masa depan di mana semua pelajar merasa diperhatikan, didukung, dan dihargai. Hubungi kami untuk melihat bagaimana kita dapat menciptakan ruang kelas yang memberdayakan setiap siswa untuk sukses bersama, meningkatkan keterlibatan, menghilangkan hambatan, dan mendorong inklusi autentik bagi pelajar neurodivergen.